Friday, 18 March 2016

,

[Review Buku] Jomblo Tawakal

“Bee nggak jomblo juga. Cuma kebetulan belum ada cowok yang beruntung mendapatkan Bee.” (Hal 116)

Judul Buku : Jomblo Tawakal
Penulis : Sindu L. Ismoyo
ISBN : 9789799115638
Penerbit : Media Pressindo
Tahun Terbit : 2016
Kota Terbit : Yogyakarta
Tebal : 180 halaman
Genre : Novel Komedi
Rate : 3/5
Stastus Buku : Buntelan dari penulisnya

Blurb

Beberapa hari terakhir, misi gue untuk mencari pacar mulai gue realisasikan. Setiap ada cowok ganteng yang lagi sendirian, selalu gue dekati.

Contohnya aja ketika gue berusaha mendekati cowok yang lagi makan bakso di kantin:

Gue : Hai, sendirian aja nih?
Cowok : Iya.
Gue : Tahu nggak? Di dunia ini ada banyak rasa lho. Ada rasa manis, pedes, asin, dan juga pahit. Tapi ada satu rasa yang nggak banyak orang tahu.
Cowok : Hmm... rasa apa?
Gue : Rasa cintaku padamu... *sambil mengerlingkan mata*
Cowok : *keselek bakso*

Meskipun jomblo, namun Bee pandai berkelit akan statusnya. Dia juga pintar mencari cara agar statusnya itu berganti menjadi in relationship. Karena itulah ia sering disebut sebagai jomblo tawakal. Tak pernah kehabisan akal.

Kegagalannya berhenti sebagai jomblowati bukan hanya karena muka yang pas-pasan, tetpu juga akibat kedua kakak Bee yang selalu ngerecokin kehidupan percintaan Bee. Padahal sejak awal masuk SMA, Bee udah bertekad pensiun sebagai jomblowati.

Mampukah Bee mewujudkan cita-citanya?


Review

Jomblo Tawakal, novel pertama dari Sindu L. Ismoyo, yang memadukan kisah cinta dan komedi. Dari covernya sudah terlihat jelas genre komedi dengan diberi label “buku gokil”, juga mampu merepresentasikan isi dari novel ini. Aku suka perpaduan warna pink dan ungu serta wajah cewek yang sedikit ngenes itu.

Novel ini menceritakan tentang tokoh Bianca, atau biasa dipanggil Bee, yang sejak lahir jomblo alias tidak pernah pacaran. Ia bertekad untuk mempunyai pacar saat SMA, maka sejak masa ospek dia memulai pencarian dan mendekati cowok-cowok ganteng.

“Itu dilema yang sangat dalam. Kalo dalam bahasa Alay Yang Disempurnakan menjadi dH4l3mM b3uudDdh cHuY.” (Hal 28)

Setelah melakukan pendekatan dengan beberapa cowok, yang kemudian gagal. Bee mulai mendekati Tamiras, sang ketua OSIS yang cool. Ia mulai mencari informasi tentang Tamiras, sampai bela-belain datang ke rumahnya. Kedatangan Bee ke rumah gebetannya itu yang kemudian membuat cerita ini semakin seru.

Selain usaha mendapatkan pacar, diceritakan hubungan Bee dengan dua kakaknya yang berbeda kepribadian, juga hubungan dengan keluarga, kakak senior, dan kucingnya. Menurutku, cerita tentang kucingnya yang bernama Anca ini yang paling lucu.

“Gue lupa kalo ada sesuatu yang harus gue lakukan: membahagiakan kedua orang tua gue.” (Hal 165)

Yang menarik dalam novel ini, tokoh utamanya dijelaskan terlebih dahulu di awal cerita. Aku sebagai pembaca, bisa membayangkan bagaimana sosok dan karakter tokoh-tokoh dalam novel Jomblo Tawakal ini. Seperti kak Tiwi, kakak pertama Bee yang tomboy dan kakak keduanya, Dora yang seorang fashionista. Emak yang jago main bola, Babe yang suka nonton sinetron, Anca si kucing tetangga yang jadi peliharaan Bee, kakak senior Bee di sekolah, sampai gebetannya, Tamiras.

Novel Jomblo Tawakal merupakan bacaan yang ringan, menggunakan alur maju yang mudah dimengerti. Mendekati ending, agak kecewa dengan kemajuan hubungan Tamiras dengan Bee. Tapi aku suka dengan endingnya, penyelesaian yang baik menurutku.

“Mungkin dengan melihatnya bahagia adalah cara gue mencintainya.” (Hal 170)

Kalau bisa ketemu langsung dengan penulis novel Jomblo Tawakal ini, aku mau berterima kasih. Kak Sindu L. Ismoyo sudah mengadakan giveaway berhadiah novel Jomblo Tawakal di blognya. Sebagai quiz hunter yang sering ikut giveaway dan lomba blog tapi nggak pernah menang. Rasanya seneng banget akhirnya dapat novel dari giveaway.

Terima kasih kak Sindu :)

Biasanya setelah membaca novel aku menemukan banyak quotes favorit, sampai bingung mana yang mau dimasukkan dalam review buku. Tapi kali ini aku tidak banyak menemukan kutipan-kutipan favorit di novel Jomblo Tawakal ini, karena terlalu serius baca cerita Bee sambil ketawa guling-guling.

Happy reading ^^

***

Share:

9 comments:

  1. Hallo Tyas!!! Maaf, ya. Baru sempet mampir, ni. hehehe. Lagi ada project soalnya. :)

    Ngomongin buku Jomblo Tawakal ini, seperti Pangeran jadi ikut penasaran sama isinya. Kamu dapet bukunya gratis, ya.. Wah... "Pinjem... hehehe"

    PEnasaran aja, gimana lucunya cewek gk nemu2 cowok yg mau deketin. Sampe berkilah jadi jomlo versi tawakal. Gak habis akal. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah mampir, seneng banget deh dikomen sama Pangeran Wortel :D

      Delete
  2. judulnya kok lucu Jomblo Tawakal :D :D
    salam kenal, ditunggu kunjungannya hehe

    ReplyDelete
  3. Lagi lagi soal jomblo..
    Kayaknya buku yg menceritakan jomblo ngenes itu udah klise banget. Tapi boleh lah buat baca-bacaan ringan, sambil makan kacang dan minum es kelapa muda. Duh..

    ReplyDelete
  4. buku-buku komedi berdasarkan pengalaman jomblo emang jadi refrensi tersendiri.
    nice review btw :)

    ReplyDelete
  5. Hihi... judulnya menarik banget ya, jomblo tawakal :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog ~Sulung Stories~ Silahkan tinggalkan jejak ^^