Saturday, 5 March 2016

Oliver Twist dan Sebuah Makhluk Mungil


Hola March!

Setelah maraton menulis surat-surat cinta di project #30HariMenulisSuratCinta bulan Februari kemarin, aku berhenti menulis beberapa hari. Merefresh otak dan hati, ehh :D
Tulisan ini bukan review buku. Hanya cerita tentang buku-buku pertama yang aku baca dan berkesan, hingga aku menjadi suka membaca novel.

Buku pertama yang aku baca, selain buku sekolah, adalah buku-buku tentang cerita rakyat dan cerita anak lainnya. Pada jamanku belum ada tuh KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya) yang ada buku cerita anak dan cerita rakyat yang ditulis oleh orang dewasa.

Ada buku tentang Ande-Ande Lumut, Jaka Tarub, Dewi Grafitasi, cara membuat tahu, dan cerita lainnya. Buku yang aku baca saat itu random, tidak merujuk pada genre tertentu. Karena tergantung dengan buku yang dibawa pulang bapak dari tempat beliau mengajar.

Tapi sayang kebiasaan membaca buku itu tidak menular ke dua jagoan bapak lainnya. Buku-buku itu hanya disimpan di lemari buku. Saat aku pindah ke rumah yang aku tempati sekarang, buku-buku itu terpaksa ditinggal. Karena keterbatasan tempat.

Untungnya ada dua buku yang aku bawa. Dua buku ini sangat berkesan buatku. Sebuah novel terjemahan karya Charles Dickens berjudul Oliver Twist dan novel romance Sebuah Makhluk Mungil dari Katyusha.

Versi Asli

Dua buku yang masih tersimpan di rak bukuku, tapi dengan kondisi yang agak memprihatinkan. Pinggiran cover buku Oliver Twist sudah rusak dengan lipatan dimana-mana, tapi kertasnya masih bagus. Sedangkan Sebuah Makhluk Mungil, bahkan tidak mempunyai cover asli. Akhirnya aku ganti dengan kertas kado. Kertasnya juga sudah kecoklatan dengan noda bekas air.

Novel Oliver Twist bercerita tentang seorang anak yatim piatu yang malang. Dia ditinggal mati oleh ibunya di sebuah panti asuhan. Kemudian hidup berpindah-pindah dari panti asuhan satu ke panti asuhan lainnya. Tapi sayang dia diperlakukan dengan tidak baik. Sampai dia kabur ke London dan bertemu dengan kompolan pencuri. Hingga akhirnya dia mengetahui tentang silsilah keluarganya.

Novel Sebuah Makhluk Mungil mengkisahkan tentang seorang cewek pindahan dari Inggris yang bertubuh mungil. Di sekolah barunya ia berteman dengan Dani. Novel ini bercerita seputar sekolah, dunia Kati, Dani, dan hubungan di antara mereka.

Novel itu juga yang membuatku menyukai novel-novel bergenre romance.
Share:

4 comments:

  1. yg oliver twist kayaknya pernah baca deh... bisa kasih clue mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oliver Twist itu tentang anak yatim piatu yang hidupnya dilempar ke sana-sini dari rumah sosial sampai bertemu komplotan pencuri.

      Ini versi terjemahan, aslinya bisa cek di https://www.goodreads.com/book/show/18254.Oliver_Twist?ac=1&from_search=1&from_nav=true

      Delete
  2. wah wah wah. oliver twist kayaknya complicated yak konfliknya. sampai kabur ke london terus nemu silsilahnya..

    ReplyDelete
  3. belum sempat baca keduanya juga ini -__-

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog ~Sulung Stories~ Silahkan tinggalkan jejak ^^